ILMU KOMUNIKASI, KULIAH, Uncategorized

Kuliah Komunikasi Di Kampus Hijau

58envCRZ
Logo FISIP UHAMKA . sumber: http://www.uhamka.ac.id 

Sudah hampir tiga tahun saya kuliah jurusan komunikasi di kampus hijau. Kampus hijau yang saya maksud yaitu Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka Jakarta atau yang lebih dikenal dengan sebutan UHAMKA. Mengapa hijau? Karena hijau adalah salah satu warna yang menggambarkan identitas kami. UHAMKA sudah berdiri cukup lama sejak tahun 1957, dan kampus ini adalah perguruan tinggi swasta milik organisasi Muhammadiyah. Dan Alhamdulillah, sekarang akredetasi Universitas kami sudah A. Di UHAMKA sendiri terdapat sembilan fakultas yang tersebar di beberapa tempat. Salah satu fakultas tersebut adalah FISIP dan prodi komunikasi tempat saya belajar ada di fakultas ini. FISIP terdapat di Kampus A UHAMKA Limau Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Cukup strategis karna dekat dengan terminal Blok M dan Stasiun Kebayoran Lama, jadi kalau kamu ingin kesini patokannya adalah tempat tersebut. Tidak susah mencari letak kampus kami bukan?

Prodi Ilmu Komunikasi di UHAMKA sudah mendapatkan akredetasi A. Kata orang, walau kampus swasta tetapi sudah dapat akredetasi A, maka bisa dikatakan setara dengan perguruan tinggi negeri. Hal itulah yang menjadi alasan dari banyak mahasiswa yang mengambil prodi komunikasi di UHAMKA.

uhamka.ac.id
Ilmu Komunikasi UHAMKA Akredetasinya A loh 🙂

Prodi ini terbagi lagi menjadi empat peminatan, yaitu Public Relations, Mass Communications , Broadcasting , Advertising untuk kelas reguler. Peminatan tersebut kami pilih ketika kami naik ketingkat II atau saat kami semester III, namun dengan syarat harus lulus mata kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi disemester I dan Teori Komunikasi disemester II. Tidak berat kan syaratnya? Oh ya. Bagaimana kalau kita membahas satu per satu peminatan tersebut.

Yang pertama, Peminatan Public Relations (PR) atau Hubungan Masyarakat. PR di dalam perusahan/organisasi bertugas untuk membangun dan mempertahankan hubungan baik dengan publik internal misalnya karyawan, CEO, dan lain sebagainya, begitu pula dengan publik eksternal misalnya pelanggan, media massa, pemerintah, investor. Tentunya semua itu dilakukan dengan cara yang strategic. Dan di bangku kuliahlah kami mempersiapkan itu semua dan belajar tentang PR Planing, CSR, Protocoler and Public Speaking, PR Audit, Loby and Negotiation , PR Writing, PR Online, PR Ethics and Law, Crisis Management, ect . prospek kerjanya,jadi PR di perusahaan profit dan nonprofit, selain itu bisa kerja di bagian Marketing Communications suatu perusahaan, dan bisa juga kok jadi peneliti.

Yang Kedua, Peminatan Mass Communications atau Komunikasi Massa. Biasanya yang ingin jadi Jurnalis atau Wartawan masuk ke peminatan ini. Udah tahu dong? Apa tugas Wartawan. Yap benar! Mencari dan menulis berita. Saya dapat cerita dari senior yang sudah lulus dan sekarang jadi wartawan di salah satu media besar di Indonesia, katanya jadi Wartawan itu penuh tantangan tapi mengasyikan. Mengapa? Karena kita bisa bertemu orang – orang penting setiap hari, pergi ke banyak tempat yang jauh dengan gratis, menyaksikan peristiwa – peristiwa menarik yang biasanya hanya bisa kita liat dari pesawat televisi. Di peminatan ini kami belajar tentang Fotografi, Menulis Feature, Perenacanaan Media, Manajemen Media Massa, Hukum dan Etika Media Massa, Liputan Seni, Cyber Journalism, dan masih banyak lagi. Prospek kerjanya jadi wartawan di berbagai media massa.

Yang Ketiga .Peminatan Broadcasting atau Penyiaran. Broadcaster biasanya kerja di stasiun televisi dan radio untuk memproduksi program, namun bisa juga bekerja di production house dan terlibat dalam pembuatan film layar lebar. Di peminatan ini kami belajar tentang Produksi televisi, Produksi RTF, Produksi Berita, Editing Audio Visual, dan masih banyak lagi.

NZrGN0H8_400x400
sumber: http://www.uhamka.ac.id

Yang Keempat. Peminatan Advertising atau Periklanan. Menurut Cutlip,Center, dan Broom  Ahli periklanan mengontrol isi, penempatan, dan timing  dengan membayar media untuk mendapatkan waktu dan ruang penempatan iklannya. Selama berkuliah di peminatan ini kita kami mempelajari Perencanaan Kreatif Periklanan, Perencanaan Media iklan, Brand Communications, Manajemen Periklanan, Advertising Visual, Digital Advertising, Copy Writing, dan masih banyak lagi. Prosepek kerjanya di agensi periklanan , media, bahkan bisa bikin agensi periklanan dan mandiri berwirausaha dibidang ini.

Kalau saya sediri, memilih peminatan Public Relations  karena menarik buat saya berbicara di depan banyak orang, membuat strategi PR, dan melakukan loby & negotiation. Dan yang tak kalah menarik perhatian saya adalah ilmu tentang Integrated Marketing Communications yang mungkin bisa menunjang saya ketika saya berwirausaha nanti.

Salain mata kuliah yang sudah disebutkan tadi, ada juga mata kuliah umum tentang komunikasi yang wajib diambil oleh kami, seperti Metode Penelitian Komunikasi, Komunikasi Antarpribadi, Komunikasi Antarbudaya, Psikologi Komunikasi, Komunikasi Politik, Komunikasi Internasional, Komunikasi Sosial, Komunikasi Organisasi, Statistik Sosial, dan lainnya. Dan ketika lulus dari Komunikasi UHAMKA ini kami mendapat gelar Sarjana Sosial karena prodi ini berada di naungan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

1465373391-e379ca158185332bb6b0f055d88f2bce
Talkshow Yang Diadakan Prodi Komunikasi UHAMKA Bekerjasama dengan SINDO

Untuk kamu yang baru saja lulus SMA dan bingung harus kuliah jurusan apa dan dimana, mungkin kamu bisa main ke kampus kami dulu. Rata – rata anak komunikasi itu seru dan sangat bersahabat , kamu ga akan ngerasa kesepian karna mereka rame dan banyak omongannya, gaul , dan bertalenta diberbagai macam bidang. Kamu bisa belajar sama mahasiswa yang jago fotografi, bikin film, atau nge MC. Pokoknya masih banyak hal lain yang seru kalau kamu kuliah komunikasi. Ayo tunggu apa lagi , putuskan pilihanmu untuk bergabung bersama kami. Ayo kuliah komunikasi di kampus hijau ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s